Senin, 09 April 2012

Liberia

LIBERIA tidak hanya ada di Benua Afrika, tapi ada juga di daerah Bolaang Mongondow (Bolmong). Dan, jangan bayangkan Liberia di Kecamatan Modayag, Kabupaten Bolmong Timur (Boltim) ini gersang atau pernah dilanda perang saudara.

Liberia di Boltim yang kini menjadi dua desa tersebut mempunyai cuaca yang sejuk karena berada di daerah pegunungan. Tanahnya subur sehingga sangat cocok untuk bercocok tanam. Selain kopi, warga di sana juga menanam holtikultura.

Selain itu, di daerah tersebut juga diperkirakan memiliki kandungan gas yang bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik. Sudah beberapa kali penelitian untuk mendapatkan kandungan gas tersebut dilakukan.

Liberia mempunyai tetangga yang memiliki nama unik juga, yakni Purworejo yang kini telah terbagi menjadi tiga desa. Di Pulau Jawa, Purworejo merupakan sebuah kebaupaten di Provinsi Jawa Tengah. Lalu dari mana nama 'unik' tersebut?

Kedua nama ini juga mempunyai hubungan dengan asal-usul masyarakat yang tinggal di daerah tersebut. "Sebagian besar masyarakat sini, asal-usulnya dari Jawa," ujar Sangadi atau Kepala Desa Liberia, Ismail Sirun.

Sekitar tahun 1916, Pemerintah Belanda membawa warga dari berbagai daerah di Jawa ke daerah Modayag, Boltim. Selain bekerja pengolahan belerang, Pemerintah Belanda saat itu memperkerjakan warga asal Jawa tersebut di perkebunan, terutama kopi. Tak aneh, jika di daerah Purworejo masih terdapat bekas pabrik pengolahan kopi peninggalan Belanda.

Sekitar tahun 1955, pedukuhan Liberia mulai terbentuk. Tapi, dari mana nama Liberia ini? "Kalau cerita turun temurun, awalnya bukan Liberia tapi Siberia. Konon, kopi di sini dari daerah Siberia," ujar sangadi yang Mei 2012 nanti genap dua tahun memimpin Desa Liberia.

Ismail merupakan generasi kedua yang lahir di Tanah Totabuan. Generasinya masih menggunakan Bahasa Jawa untuk percakapan sehari-hari. Namun terselip juga bahasa Mongondow.

"Keturunan Jawa di sini sudah kawin mawin dengan orang Mongondow. Selain Bahasa Jawa, kami juga menggunakan bahasa Mongondow atau juga Bahasa Melayu dialek Manado," tambah ayah satu anak ini.

Ternyata, selain Liberia yang berada di Benua Afrika, dua desa di Kecamatan Modayag ini mempunyai hubungan juga dengan Siberia yang berada di Asia Utara kendati hanya di asal usul nama.

Tidak ada komentar: