Senin, 31 Oktober 2011

Rambut

Robert De Niro
Sex Pistol dengan lagu Anarchy in U.K boleh jadi membuat 'genre musik' Punk dikenal dan mewabah di Eropa pada dekade '70an. 

Band ini bersama The Clash dan The Damned disebut-sebut sebagai gelombang pertama yang menyapu Inggris dan negara-negara di Benua Biru lainya dengan musik yang mereka bawakan.

Namun untuk urusan gaya rambut mohawk atau mohican, vokalis The Exploited, Walter 'Wattie' Buchan, rupanya menjadi rujukan para Punkers. 

Bahkan, gaya rambut jocong bagian tengah dengan bagian kanan dan kiri kepala plontos veteran Perang Malvinas ini pun tak hanya diikuti para Punkers.

Dengan beberapa variasi gaya rambut ala Wattie Buchan menjadi pilihan selebritis atau atlet hingga diikuti oleh orang kebanyakan. 

Masih ingat gaya rambut Faux Hawk atau mohawk palsu pesepakbola Inggris, David Beckham? Suatu kali, pasti pernah lihat di lingkungan kita yang bergaya rambut tersebut.

"Namun rambut bukan sekadar mahkota penampilan. Gaya rambut juga bisa menunjukkan apa yang ada dalam pikiran, bahkan sebagai bentuk perlawanan," ujar seorang teman pada suatu siang di Padasuka, Bandung, beberapa tahun lalu.

Teman ini pun memberikan kuliah singkat tentang gaya rambut yang tak lazim dari para Punkers. Kata dia, "Itu bukan sekedar fashion, tapi satu simbol dari movement (gerakan) yang didengungkan masyarakat yang tidak puas terhadap keadaan negara."

Sama halnya, lanjut dia, dengan rambut panjang yang juga jadi ciri kaum hippies di dekade '60-an di Amerika Serikat. 

Gaya hidup bohemanian dengan slogan 'sex, drugs dan rock n roll' menjadi perlawanan atas kemapanan masyarakat saat itu dengan menampilkan profil kaum muda berambut panjang.

Di Indonesia, pria berambut panjang pada masa orde baru bisa jadi dianggap pengacau. 

"Pernah denger teu, dulu aya tim nu bentuk pemerintah keur motong rambut pria nu panjang? (Pernah dengar tidak, dulu ada tim bentukan pemerintah untuk memotong rambut pria berambut panjang?)" kata teman saya itu.

***
Setelah gagal di Garut, Bandung dan Jakarta, rambut ini akhirnya dipangkas juga di Bogor.

.:: Garuk-garuk kepala di Jagakarsa, awal tanggal 28.10.2011 ::.

Caption Foto : Rober De Niro memerankan Travis Bickle dalam film Taxi Driver (1976) bergaya Mohawk .

Tidak ada komentar: